Inilah Fungsi-Fungsi & Manfaat MenDefrag Harddisk

November 27, 2016



Defragment atau yang biasa dikenal kebanyakan orang dengan sebutan "Defrag" yang kalau diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah "pecahan atau bagian" dapat pula diartikan sebagai "mengurangi pecahan".

Fragmentasi terjadi ketika sebuat file system (FAT, FAT32, NTFS, EXT, EXT2, EXT3, EXT4 dan lain-lainnya) yang digunakan oleh system operasi tidak dapat memindahkan atau mengalokasikan ruang kosong yang cukup di dalam Harddisk.


Nah, ada yang tau kenapa kita harus men'Defrag Harddisk kita secara teratur?





Fragment itu tidak sama dengan partisi di Harddisk sob, karena faktanya jika kita memiliki beberapa partisi di dalam harddisk kita dan kita hendak menyimpan sebuah file ke dalam salah-satu partisi tersebut, belum tentu file yang kita simpan tersebut benar-benar disimpan di dalam partisi yang kita kehendaki sob...!!

Semisalkan sobat memiliki sebuah harddisk internal/eksternal berukuran 500GB, dan sobat membaginya menjadi 3 bagian partisi yang berlabel C, D dan E.
Nah, dan kebetulan sobat ingin memindahkan sebuah file yang bisa kita katakan saja itu sebuah video dari flashdisk sobat ke harddisk sobat dan mau dipindahkan ke memori/partisi di dalam harddisk yang berlabel D.
ketika sobat selesai memindahkan file video tersebut ke dalam harddisk yang berpatisi/label D, sesungguhnya belum tentu file video tersebut benar-benar berada di partisi D sobat...!!

lho, kok kenapa begitu?
itu karena harddisk menyimpan sebuah file bukan berdasarkan lokasi-lokasi yang sobat tentukan di dalam pc/komputer sobat, sebenarnya harddisk menyimpan file ke dalam piringannya berdasarkan huruf alfabet sob...!! jadi bukan bulat-bulan disimpan dalam bentuk jadinya dan bentuk-bentuk file sobat akan dipecah oleh algortima 0 dan 1 ke dalam bentuk kecil-kecil dan tentunya di urutkan berdasarkan alfabetnya...hihihihihi XD





Lalu? apa yang jadi alasan kita untuk rutin mendefrag harddisk kita?
NAHHHHH.... itu dia yang akan saya bahas kali ini sob...!!
jangan banyak tanya, sokkk dimari kita simak penjelasan saya di bawah ini...!! :p



Fungsi-Fungsi Paling Utama Kenapa Kita Harus Mendefrag Harddisk


1. Mempercepat Proses Pencarian Sebuah File
seperti yang telah saya katakan di atas, yaitu jika kita menyimpan sebuah file di dalam harddisk kita, file tersebut akan dipecah-pecah menjadi potongan-potongan yang kecil. dan akan dicari dan disatukan kembali jika sobat akan menggunakannya kembali..!! (serem cuyyy, kek di mutilasi..!! hdd sadis XD)


2. Efesiensi Ruang Di Dalam Sector Harddisk
Jika kita mengasumsikan harddisk sebagai sebuah lemari, maka file yang terdapat di dalam harddisk adalah pakaiannya..!! Nah, jadi fungsi dari defrag ini adalah meng'optimalkan ruangan/sector di dalam harddisk sobat, agar tidak berhimpitan dan terjadi kerusakan file di dalamnya. dan ada beberapa yang bila bahwa ketika kita selesai mendefrag harddisk kita, ruang bebas/memori kosong di dalam harddisk kita akan bertambah. (ngirit memori cuyyy.. hehehehe)


3. Memeriksa Kerusakan Yang Terjadi Di Sector Harddisk
apakah sobat sekalian pernah mendengar atau pernah mengalami yang namanya "BAD SECTOR" pada harddisk sobat?
BAD SECTOR adalah keadaan dimana salah satu atau beberapa sector/wilayah di dalam harddisk mengalami kerusakan, dan mengakibatkan harddisk tersebut tidak dapat membaca sector tersebut yang berakibat pada kehilangan data secara permanen di dalam harddisk sobat.

Akan tetapi dengan men"Defrag harddisk secara teratur, kita dapat meninjau dan memantau kesehatan harddisk kesayangan kita itu. jadi kalau ada sector yang mengalami kerusakan, saya sarankan anda menyiapkan uang atau menabung untuk membeli harddisk yang baru agar data yang di dalam harddisk sobat bisa di backup dan dicadangkan di harddisk sobat yang baru.


Umumnya umur sebuah harddisk itu 7 sampai 8 tahunan untuk pengguna rumahan atau private computer, akan tetapi dalam catatan pengguna tersebut hati-hati menggunakan harddisk mereka jangan sampai terhempas, terbentur, mematikan komputer dari fitur shut down dan juga jangan menggoncang-goncang harddisk mereka. tapi itu dalam catatan harddisk internal. kalo harddisk eksternal pengguna harus benar-benar hati-hati  dalam penggunaannya agar di kemudian hari tidak menyesal.


Nahhh... sudah tahu kan. Fungsi-Fungsi & Manfaat MenDefrag Harddisk ? kalo gitu mimin pamit dulu yahh...!!! kalo ada kesalahan kata atau kalimat, atau mungkin terdapat typo mohon dimaafkan karena saya masih pemula dalam dunia per'bloggeran..!! (see you next time)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »